PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SDN 291 GRESIK

SHOLIHAH, NASIHATUS (2021) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SDN 291 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210054_abstract.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30273.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di SDN 291 Gresik yang mengalami pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika dikarenakan kecenderungan anak-anak masih kurang perhatian orang tua, kurangnya buku pendamping anak selain buku paket dan prestasi belajar matematika masih rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika saat pandemi covid-19 di SDN 291 Gresik . Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah 77 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kuesioner motivasi orang tua dan prestasi belajar matematika menunjukkan bahwa 77 siswa berada pada kategori sedang. Hasil penelitian berdasarkan dua jenis yang dilakukan penelitian ini, motivasi orang tua dan prestasi belajar matematika berada pada kategori sedang karena adanya hasil positif dari uji linieritas yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan uji regresi linier sederhana dengan adanya pengaruh signifikan antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika yang dilakukan menggunakan SPSS versi 21 bahwa nilai signifikan 0,048 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Dilihat dari presentase motivasi orang tua yaitu sebesar 70,12% dan prestasi belajar matematika sebesar 61,03%. Simpulan secara umum, pada penelitian yang dilakukan untuk menganalisis motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika membuktikan bahwa hasil positif dari uji linieritas menunjukkan adanya hubungan dan uji regresi linier sederhana dengan adanya pengaruh signifikan antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika yang dilakukan menggunakan SPSS versi 21 dan dapat dilihat dari presentase motivasi orang tua yaitu 70,12% dan prestasi belajar matematika 61,03% sehingga motivasi orang tua dan prestasi belajar berada pada kategori sedang.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motivasi Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:16
Last Modified: 19 Jan 2024 09:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7450

Actions (login required)

View Item View Item