SHOLIHAH, NASIHATUS
(2021)
PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SDN 291 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di SDN 291 Gresik
yang mengalami pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar
matematika dikarenakan kecenderungan anak-anak masih kurang perhatian orang
tua, kurangnya buku pendamping anak selain buku paket dan prestasi belajar
matematika masih rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar
matematika saat pandemi covid-19 di SDN 291 Gresik .
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek yang
digunakan adalah 77 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kuesioner motivasi orang tua dan
prestasi belajar matematika menunjukkan bahwa 77 siswa berada pada kategori
sedang.
Hasil penelitian berdasarkan dua jenis yang dilakukan penelitian ini, motivasi
orang tua dan prestasi belajar matematika berada pada kategori sedang karena
adanya hasil positif dari uji linieritas yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan
dan uji regresi linier sederhana dengan adanya pengaruh signifikan antara
motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika yang dilakukan
menggunakan SPSS versi 21 bahwa nilai signifikan 0,048 < 0,05 sehingga
ditolak dan diterima. Dilihat dari presentase motivasi orang tua yaitu sebesar
70,12% dan prestasi belajar matematika sebesar 61,03%.
Simpulan secara umum, pada penelitian yang dilakukan untuk menganalisis
motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika membuktikan bahwa
hasil positif dari uji linieritas menunjukkan adanya hubungan dan uji regresi linier
sederhana dengan adanya pengaruh signifikan antara motivasi orang tua terhadap
prestasi belajar matematika yang dilakukan menggunakan SPSS versi 21 dan
dapat dilihat dari presentase motivasi orang tua yaitu 70,12% dan prestasi belajar
matematika 61,03% sehingga motivasi orang tua dan prestasi belajar berada pada
kategori sedang.
Actions (login required)
|
View Item |