PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA BUKU SAKU DAN AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU BAYI USIA 6-24 BULAN TENTANG PEMBERIAN ASI DAN MPASI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

PURWASIH, ERLINDA DITA (2020) PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA BUKU SAKU DAN AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU BAYI USIA 6-24 BULAN TENTANG PEMBERIAN ASI DAN MPASI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-GZ-200002_abstract.pdf

Download (517kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26703.html

Abstract

Ketidaktahuan mengenai informasi tentang gizi dapat menyebabkan kurangnya mutu atau kualitas gizi makanan yang dikonsumsi oleh bayi.Salah satu penyebab gangguan gizi adalah kurangnya pengetahuan gizi dan kemampuan seseorang menerapkan informasi tentang gizi dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat pengetahuan ibu tentang gizi sangat penting dalam meningkatkan status gizi anaknya. Mulai dari menentukan, memilih, mengolah sampai dengan menyajikan menu gizi sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh edukasi terhadap tingkat pengetahuan ibu bayi usia 6-24 bulan tentang pemberian ASI dan MPASI Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan systematic literature review. Pencarian literature pada data base Google Schoolar ,Research Gate dan PubMed. Sebanyak 284 artikel telah ditinjau. 4 artikel diidentifikasi relevan dengan kriteria penelitian dan digunakan pada tinjauan sistematis ini . Variabel independent penelitian ini adalah edukasi dengan media buku saku dan audiovisual, sementara variabel dependent pada penelitian ini adalah tingkat pengetahuan. Hasil review 2 jurnal tentang pengaruh edukasi dengan media buku saku dan audiovisual tentang pemberian ASI menunjukkan bahwa setelah dilakukan penyuluhan baik dengan media buku saku dan audiovisual , tingkat pengetahuan responden tentang ASI meningkat lebih baik. Dengan hasil uji statistik p=0,025 berarti p<0,05 maka HI diterima, artinya secara statistik terdapat peningkatan yang signifikan antara pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan/ Hasil review 2 jurnal menjelaskan bahwa Audiovisual memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan media lain dengan nilai p < 0,05 terhadap tingkat pengetahuan ibu bayi yang diberikan edukasi tentang pemberian MPASI .

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Pratiwi HariyaniNIDN0723038803pratiwi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Edukasi gizi, tingkat pengetahuan, buku saku, audivisual, ASI, MPASI
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:34
Last Modified: 24 Jan 2022 06:34
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item View Item