PUTRI, MIRTHA ADITIA
(2020)
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Waktu tunggu merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan
pasien. Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo
sebenarnya beberapa poli sudah menerapkan sistem waktu tunggu yaitu pada poli
umum, poli anak, dan poli gigi, serta apotek rawat jalan. Akan tetapi, yang
menjadi masalah adalah kedatangan dokter yang terlambat sehingga membuat
pasien menunggu dan mempengaruhi kepuasan pasien.
Jenis penelitian menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan
cross-sectional dimana hanya melakukan observasi dan pengukuran variabel pada
saat tertensu saja. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan
poli kandungan II pagi sebesar 314 pasien dan poli umum sebesar 160 pasien.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebesar 55
pasien Poliklinik Kandungan II Pagi dan 28 Poliklinik Umum. Analisis data
menggunakan uji chi-square
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Poliklinik Kandungan II Pagi sebesar
70,9% (39 responden) waktu tunggu tidak sesuai dan 78,2% (43 responden)
merasa kurang puas. Sedangkan pada Poliklinik Umum 77% (21 responden)
waktu tunggu sesuai dan 60,7% (17 responden) merasa puas.
Pasien rawat jalan Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo di poliklinik kandungan
memiliki waktu tunggu yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan
pasien tidak puas lebih besar dibandingkan dengan poliklinik umum. Saran untuk
rumah sakit sebaiknya seluruh menerapkan sistem waktu tunggu dan lebih
memperhatikan kerjasama antar petugas kesehatan. Serta diharapkan rumah sakit
memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien.
Actions (login required)
|
View Item |