DUKHA KRISNA NANDINI, .
(2020)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PASIEN DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Angka kunjungan di Rumah Sakit Islam Jemursari dari tahun 2015 sampai
tahun 2018 menunjukkan terdapat peningkatan. Dari data tersebut dapat dilihat
bahwa minat konsumen dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan di Rumah
Sakit Islam Jemursari sangat tinggi. Akan tetapi hal itu juga diiringi dengan
beberapa masalah terkait pelayanan yang diungkapkan beberapa pasien di media
sosial. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis faktor yang memengaruhi pasien
dalam memanfaatkan layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Jemursari, yang
terdiri dari variabel fasilitas Rumah Sakit, pelayanan Dokter, pelayanan Perawat
atau Bidan, biaya pelayanan, kemudahan informasi, dan keputusan Pemanfaatan
pelayanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain crosssectional.
Sampel adalah pengunjung unit Rawat Jalan Rumah Sakit Islam
Jemursari. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan
populasi sebesar 214.779 pasien yang diasumsikan dari data kunjungan tahun
2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Pengumpulan
data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis dengan program
SPSS dengan uji statistik Regresi Logistik Biner.
Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara variabel biaya (p=0,021) terhadap keputusan pemanfaatan pelayanan.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah semakin baik suatu pelayanan, maka
akan semakin tinggi pula minat konsumen untuk memanfaatkan kembali
pelayanan di Rumah Sakit. Saran yang diberikan adalah untuk mempertahankan
dan memberikan pelayanan terbaik, sebaiknya Rumah Sakit memberikan
perhatian khusus terkait faktor provider di unit Rawat Jalan Rumah Sakit Islam
Jemursari yang dirasa kurang oleh pengunjung.
Actions (login required)
|
View Item |