RAHAYU, CORNELIA CITRA
(2020)
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN SEMESTER 3 UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, gadget sangat mendunia. Penggunaan gadget
secara berlebihan berdampak buruk pada kualitas tidur dan menjadi salah satu
pengguna tanda seseorang yang sudah kecanduan gadget. Kualitas tidur yang
buruk adalah sebesar 73,4% dan sebagian besar kualitas tidur pada remaja yang
kurang terpenuhi < 7 jam setiap malam sebanyak 63%. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui adanya Hubungan Penggunaan Gedget dengan Kualitas Tidur
pada Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 3 Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan populasi 120 dan
jumlah sampel 93 responden Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 3 Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya. Menggunakan teknik Simple Random Sampling.
Variabel independen dalam penelitian ini yaitu penggunaan gadget sedangkan
variabel dependen yaitu kualitas tidur. Data dianalisis menggunakan Uji Rank
Spearman kemaknaan α = 0,05. Instrumen pengumpulan data menggunakan
kuesioner.
Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 93 responden Mahasiswa S1
Keperawatan Semester 3 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan
penggunaan gadget pada tingkat bahaya hampir seluruhnya (94,6%) responden,
sedangkan kualitas tidur buruk hampir seluruhnya (93,5%) responden dan
penggunaan gadget kategori tingkat bahaya yang memiliki kualitas tidur buruk
hampir seluruhnya (95,5%) responden. didapatkan nilai p = 0.001 ada Hubungan
Penggunaan Gadget dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa S1 Keperawatan
Semester 3 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Kecanduan gadget yang terjadi pada remaja menyandingkan di dekat
mereka dimanapun bahkan saat tidur dan pancaran cahaya dari layar gadget dapat
mengganggu kualitas tidur. Dalam penggunaan gadget mahasiswa harus bisa
mengatur dan membatasi sebagai upaya pencegahan gangguan kualitas tidur.
Actions (login required)
|
View Item |