KOMARIYAH, SOVIA NUR
(2020)
PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP SKALA NYERI PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) SAAT DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI RSI JEMURSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tindakan pemasangan infus merupakan tindakan prosedur yang dapat
menimbulkan nyeri. Nyeri yang tidak diatasi memiliki dampak fisik dan
psikologis bagi anak. Diperlukan upaya tindakan untuk menurunkan nyeri, baik
tindakan secara farmakologi dan non farmakologi. Salah satu tindakan non
farmakologi dapat dilakukan dengan mudah pada anak usia toddler (1-3 tahun)
adalah teknik distraksi dengan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh teknik distraksi dengan media audiovisual terhadap skala
nyeri pada anak usia toddler (1 – 3 tahun) saat dilakukan pemasangan infus di RSI
Jemursari Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan
teknik post test only design dengan jumlah populasi sebesar 59 anak dan jumlah
sampel 36 anak usia toddler (1-3 tahun) yang dirawat di ruang IGD RSI Jemursari
Surabaya dan menggunakan teknik Systematic Random Sampling. Variabel
independen dalam penelitian ini yaitu teknik distraksi dengan media audiovisual
sedangkan variabel dependen yaitu skala nyeri pada saat dilakukan pemasangan
infus. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney kemaknaan α = 0,05.
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil peneitian menunjukkan bahwa dari 36 anak usia toddler (1-3 tahun),
yaitu 18 anak kelompok eksperimen dan 18 anak kelompok kontrol. Nyeri saat
pemasangan infus pada anak diukur secara langsung dengan menggunakan skala
Vas dari Wong Baker dan skala FLACC. Hasil uji Mann Whitney dengan tingkat
kemaknaan α = 0.05 didapatkan nilai P = 0.016 dengan menggunakan skala VAS
dari Wong Baker dan nilai P = 0.029 menggunakan skala FLACC yang berarti ada
pengaruh teknik distraksi dengan media audiovisual terhadap skala nyeri pada
anak usia toddler (1-3 tahun) saat dilakukan pemasangan infus di RSI Jemursari
Surabaya.
Teknik distraksi dengan media audiovisual saat dilakukan pemasangan infus
secara bermakna mempengaruhi skala nyeri pada anak, anak yang dilakukan
pemasangan infus yang diberikan teknik distraksi mempunyai skala nyeri lebih
rendah bila dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan tindakan.
Actions (login required)
|
View Item |