AL FATIKHAH, ULIFFIANITA
(2020)
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KECENDERUNGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA ANAK DI SDN KETINTANG 1 SURABAYA.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Interaksi sosial merupakan masalah yang sering terjadi terutama terhadap
anak usia sekolah, seringnya anak dalam menjalani aktivitas individu tanpa
adanya interaksi dengan teman sebaya nya membuat anak merasa kesepian dan
mengalami kebosanan, maka hal itu anak akan mencari kesenangan dengan
caranya sendiri. Aktivitas bermain game online atau offline yang durasi bermain
berlebihan akan membawa dampak negatif bagi anak usia sekolah. Penelitian
bertujuan menganalisis hubungan interaksi sosial dengan kecenderungan internet
gaming disorder pada anak di SDN Ketintang 1 Surabaya.
Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan crosssectional.
Populasi penelitian terdiri dari 240 siswa-siswi kelas 4 dan 5 di sdn
ketintang 1 surabaya. Besar sampel 150 responden dengan Teknik proportional
stratified random sampling. Penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu Independen
dan dependen. variabel independen yaitu interaksi sosial sedangkan variabel
dependen kecenderungan internet gaming disorder. Instrumen menggunakan
lembar kuisioner. Analisis data menggunakan uji rank spearman dengan tingkat
kemaknaan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan interaksi sosial
dengan kecenderungan internet gaming disorder, ini dibuktikan dengan hasil uji
rank spearman menunjukkan nilai ρ= 0,31 koefisien nilai ρ value ini mengandung
arti cukup kuat, maka ρ<0,05 yang berarti p<α maka ada hubungan yang
signifikan yang berarti ada hubungan interaksi sosial dengan kecenderungan
internet gaming disorder.
Upaya yang dilakukan orang tua atau keluarga untuk mengurangi
kecenderungan Internet Gaming Disorder pada anak yaitu berkenaan dengan
Interaksi sosial, diharapkan anak-anak bisa lebih meningkatkan bersosialisasi
dengan teman sebaya dan orang tua juga bisa mengatur atau membatasi anak
dalam bermain game online.
Actions (login required)
|
View Item |