RAMADHANIAR, NURUL
(2020)
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI SDI SAROJA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nurul Ramadhaniar, 2020. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap
Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas
IV di SDI Saroja Surabaya. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah
Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
pengetahuan dan sikap toleransi pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan kelas IV di SDI Saroja Surabaya. Subyek pada
penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 31 siswa,
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan
metode korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
tes dan angket. Validasi penelitian ini adalah dosen ahli bidang
pendidikan. Setelah mendapatkan hasil dari validasi, data diolah oleh
peneliti menggunakan menggunakan program SPSS. Analisis data
yang digunakan adalah analisis korelasi dengan uji korelasi pearson
product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan
Pendidikan Kewarganegaraan termasuk kategori amat baik sebesar
66%, sikap toleransi termasuk kategori baik sebesar 87%.
Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan memiliki hubungan
positif yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi pearson pada nilai
correlation pearson sebesar 0,558 yang berarti 0,558 ≥ 0,01. Hasil
taraf signifikan sebesar 0,01 (0,01 < 0,05). Pada hasil penelitian ini
terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Pendidikan
Kewarganegaraan dan Sikap Toleransi siswa yang menunjukkan
hasil bahwa hubungan pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan
termasuk dalam kategori sedang yaitu pada nilai correlation pearson
sebesar 0,058 (0,40-0,60).
Actions (login required)
|
View Item |