NASIFAH, LULUUN
(2020)
PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK di SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini mengenai peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam
pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April
2020 sampai dengan Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangakri 1 Surabaya,
mendeskripsikan karakter yang terbentuk, mendeskripsikan kendala dalam proses
pembentukan dan mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah pembina pramuka golongan penggalang yakni dari kelas 3, 4,
5, dan 6. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi
dan penyimpulan. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan
pedoman observasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang sudah terbentuk
melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
adalah karakter disiplin dan mandiri, dan kegiatan-kegiatan yang telah
dilaksanakan adalah kegiatan tali-menali dan baris-berbaris.
Kesimpulannya bahwa indikator dari karakter disiplin adalah hadir tepat
waktu, mematuhi aturan, menepati jadwal pelajaran apabila siswa tersebut
memiliki jadwal pelajaran. Kemudian indikator dari karakter mandiri adalah tidak
bergantung pada orang lain, terlibat aktif dalam semua pembelajaran di kelas,
bersedia mengerjakan tugas individual dan kelompok di depan kelas.
Actions (login required)
|
View Item |