AISYI, INDI RIZKA
(2020)
GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN DAN SOLUSI (STUDI DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini mengenai gerakan literasi sekolah pelaksanaan, hambatan,
dan solusi studi kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan maret 2020 sampai dengan Juni 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan mengenai gerakan literasi sekolah pelaksanaan,
mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah, dan
mendeskripsikan solusi dalam hambatan gerakan literasi sekolah di SD Ghufron
Faqih Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subjek
penelitian ini adalah semua guru kelas yaitu mulai dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.
Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara,
sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi
data, penyajian dat, verifikasi dan penyimpulan. Instrumen penilaian penelitian ini
menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah
di SD Ghufron Faqih Surabaya dilaksanakan setiap hari mulai pukul 07.15-07.30.
Pelaksanaan gerakan literasi sekolah terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) tahapan
pembiasaan, (2) tahapan pengembangan, (3) tahapan pembelajaran. Setiap
pelaksanaan pasti memiliki hambatan meliputi: (1) rasa malas siswa pada saat
membaca, (2) kurangnya sarana praasarana, (3) kurangnya motivasi siswa dalam
membaca.
Terdapat solusi dalam mengatasi hambatan gerakan literasi sekolah di SD
Ghufron Faqih Surabaya yaitu : (1) guru dapat menggunakan strategi baru, (2)
menambahkan buku bacaan baru, (3) setiap hari guru maupun orang tua dapat
memberikan motivasi.
Actions (login required)
|
View Item |