GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN DAN SOLUSI (STUDI DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA)

AISYI, INDI RIZKA (2020) GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN DAN SOLUSI (STUDI DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200034_abstract.pdf

Download (805kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27283.html

Abstract

Penelitian ini mengenai gerakan literasi sekolah pelaksanaan, hambatan, dan solusi studi kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2020 sampai dengan Juni 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai gerakan literasi sekolah pelaksanaan, mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah, dan mendeskripsikan solusi dalam hambatan gerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah semua guru kelas yaitu mulai dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian dat, verifikasi dan penyimpulan. Instrumen penilaian penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih Surabaya dilaksanakan setiap hari mulai pukul 07.15-07.30. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) tahapan pembiasaan, (2) tahapan pengembangan, (3) tahapan pembelajaran. Setiap pelaksanaan pasti memiliki hambatan meliputi: (1) rasa malas siswa pada saat membaca, (2) kurangnya sarana praasarana, (3) kurangnya motivasi siswa dalam membaca. Terdapat solusi dalam mengatasi hambatan gerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih Surabaya yaitu : (1) guru dapat menggunakan strategi baru, (2) menambahkan buku bacaan baru, (3) setiap hari guru maupun orang tua dapat memberikan motivasi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: GLS, Pelaksanaan, Hambatan, Solusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:30
Last Modified: 25 Jan 2022 08:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item View Item