PUTRI, ERLIN KERYNA IKINTI
(2020)
META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PAPAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Erlin Keryna Ikinti Putri, 2020. Meta Analisis Pembelajaran dengan Penerapan
Papan Media Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Skripsi. S1 Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan
penerapan papan media visual terhadap hasil belajar siswa SD. Penelitian ini
menggunakan metode meta analisis yang diawali dengan merumuskan topik penelitian
dan menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Pengumpulan data ini
dilakukan dengan menelusuri dan mengumpulkan jurnal, artikel yang diambil melalui
google scholar. Kata kunci yang digunakan dalam penelusuran yaitu media papan,
hasil belajar siswa SD. Hasil penelusuran data diperoleh lebih dari 40 artikel kemudian
diambil 10 artikel yang relevan sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata sebelum diterapkannya papan media 52,71 meningkat 30,16 menjadi
82,87 dengan nilai sig.(0,01)<0,05. Artinya pembelajaran dengan penerapan papan
media dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD.
Actions (login required)
|
View Item |