META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PAPAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

PUTRI, ERLIN KERYNA IKINTI (2020) META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PAPAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200039_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27295.html

Abstract

Erlin Keryna Ikinti Putri, 2020. Meta Analisis Pembelajaran dengan Penerapan Papan Media Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan penerapan papan media visual terhadap hasil belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis yang diawali dengan merumuskan topik penelitian dan menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menelusuri dan mengumpulkan jurnal, artikel yang diambil melalui google scholar. Kata kunci yang digunakan dalam penelusuran yaitu media papan, hasil belajar siswa SD. Hasil penelusuran data diperoleh lebih dari 40 artikel kemudian diambil 10 artikel yang relevan sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diterapkannya papan media 52,71 meningkat 30,16 menjadi 82,87 dengan nilai sig.(0,01)<0,05. Artinya pembelajaran dengan penerapan papan media dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran papan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:28
Last Modified: 12 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item