PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

DAMAYANTI, AMELIA RATIH (2020) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200001_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26026.html

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dimiliki bagi setiap orang agar dapat memperoleh kehidupan lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, tingkat motivasi belajar setiap siswa perlu ditingkatkan sehingga setiap siswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat didalam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian penguatan guru pada siswa SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, menganalisis motivasi belajar pada siswa SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, dan mengetahui pengaruh pemberian penguatan (Reinforcement) guru terhadap motivasi belajar SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II, III, IV dan V SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan deskripif kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai dengan bulan Januari 2020. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan angket. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77 siswa. Validasi penelitian ini adalah dosen ahli dan dengan menggunakan perhitungan SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan analisis uji korelasi spearman rank. Hasil kevalidan uji coba angket penguatan guru yang dihitung dengan menggunakan SPSS 25 terdapat 28 pertanyaan yang valid dan 4 pertanyaan yang tidak valid. Hasil uji coba angket motivasi belajar yang dihitung dengan menggunakan SPSS 25 terdapat 23 pertanyaan valid dan 7 pertanyaan tidak valid. Hasil reliabilitas berada 0,80-1,000 menunjukkan bahwa antara variabel penguatan guru dan variabel motivasi belajar memiliki keterkaitan sangat kuat atau reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian penguatan guru termasuk kategori cukup baik persentase sebesar 45,45%, motivasi belajar siswa termasuk pada kategori baik dengan persentase sebesar 46,75%, pengaruh pemberian penguatan dan motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan antara penguatan guru terhadap motivasi belajar SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Terbukti dari hasil uji korelasi spearman rank pada nilai correation coefficient sebesar 0,578 dan nilai taraf signifikan sebesar 0,01 (0,578 > 0,01) sedangkan nilai sig. sebesar 0,00 dan nilai taraf signifikan sebesar 0,01 (0,00 < 0,01). Pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar termasuk dalam kategori sedang pada nilai correlation coefficient sebesar 0,578 (0,40 – 0,599). Bagi peneliti lain agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: penguatan guru, motivasi belajar, SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:00
Last Modified: 12 Apr 2023 07:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item