MULYANI, DESTI
(2020)
PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI SDN JEMUR WONOSARI 1/417 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Gotong royong merupakan suatu bentuk kerja sama baik itu individu,
individu dengan kelompok untuk melakukan kerja sama dalam menangani
permasalahan yang menjadi kepentingan bersama. sesuai dengan tujuan
permendikbud gotong royong merupakan salah satu upaya peningkatan
pendidikan karakter di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
bentuk-bentuk perilaku gotong royong yang masih bertahan, mendeskripsikan
strategi guru dalam penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa,
mendeskripsikan tema/topik pembelajaran yang menjadi sarana penanaman dan
peningkatan karakter gotong royong siswa di SDN Jemur Wonosari 1/417
Surabaya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 3a, 3b, 4b, 5b, 6a, 6b.
Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan teknik observasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan
verifikasi data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program pendidikan
berbasis gotong royong masih bertahan hingga sekarang, namun ada beberapa
siswa saja yang sulit dalam melakukan sikap gotong royong dan masih
dikategorikan baik. Adapun strategi guru dalam menanamkan sikap karakter
gotong royong seperti memberi contoh langsung kepada siswa, memberikan
reward berupa pujian-pujian sehingga semangat gotong royong siswa sejalan
dengan tujuan pendidikan di sekolah. Dalam penerapan sikap gotong royong guru
menggunakan beberapa substansi dalam pembelajaran seperti pembelajaran PKn,
IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP.
Actions (login required)
|
View Item |