FAHREZI, ISZUR
(2020)
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meta-analisis pengaruh model pembelajaran
Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini
adalah meta-analisis yang mengkaji 10 artikel ilmiah dari berbagai jurnal ilmiah yang
berputasi dan terindeks nasional. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengumpulkan
buku, artikel, jurnal. Dari artikel dan jurnal diperoleh lebih dari 80 artikel kemudian diambil
10 artikel yang sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dengan nilai rata-rata sebelum diberikannya model Project Based Learning sebesar
63,29 dapat meningkat sebesar 16,85 menjadi 80,15. Penelitian selanjutnya agar lebih banyak
menggunakan artikel-artikel yang terkait model pembelajaran Project Based Learning dan
data yang diperoleh lebih luas serta mendalam.
Actions (login required)
|
View Item |