SISWIATI, SUCI DIA
(2020)
PERAN GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI PPT TUNAS BANGSA KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Suci Dia S., 2020. Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Cuci Tangan PadaAnak Usia Dini Di PPT Tunas Bangsa Kecamatan Tandes Surabaya. Penelitian
Kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini Faklultas IlmuPendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing Machmudah,S.Pd,.M.Pd
Peran guru dalam melatih kemandirian cuci tangan anak usia dini sangatdiperlukan untuk perkembangan kemandirian pada pendidikan anak usia dini.Peran guru yang dimaksud disini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan
perkembangan kemandirian cuci tangan anak usia dini di PPT Tunas Bangsa.
Permasalahan yang ada di PPT Tunas Bangsa adalah banyaknya wali murid yangpekerjaannya sebagai pedagang kaki lima oleh sebab itu peran guru disini menjadititik sentral dalam mengembangkan kemandirian cuci tangan anak usia dini diPPT Tunas Bangsa Tandes Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anakusia dini sebanyak 30 anak. Lokasi penelitian di PPT Tunas Bangsa TandesSurabaya. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dari peran guru dalam melatih kemandirian cuci tangan diPPT Tunas Bangsa Tandes Surabaya adalah baik. Setelah dilaksanakan observasidan peran guru terhadap kemandirian cuci tangan pada anak sebesar 83% (25anak) yang dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) sesuai dengan
STPPA 2013 dan 17% (5 anak) anak yang mulai berkembang (MB) karenakurangnya stimulasi pendapingan orang tua pada anak di rumah .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa peran guru dalam melatih
kemandirian cuci tangan anak usia dini di PPT Tunas Bangsa KecamatanTandesSurabaya adalah baik hal ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk
melaksanakan tugas perkembangan kemandirian sesuai dengan STPPA 2013.Disarankan kepada para pengajar untuk menggunakan penerapan kemandirian
cuci tangan sebagai alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |