ASFARA, SITTAH
(2020)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA MATH SYMBOL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RODHOTUL JANNAH KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Berdasarkan observasi awal diTK Rodhotul Jannah, jumlah muridnya sebanyak 24 anak, 20 anak tersebut belum bisa mengetahui dan membedakan jumlah bilangan yang banyak dan bilangan yang sedikit. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, dengan melalui metode pemberian tugas dengan media math symbol anak akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru sesuai dengan perintah dan secara tuntas.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan konsep banyak dan sedikit pada setiap anak melalui metode pemberian tugas dengan media math symbol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit anak sebagai berikut, ketika pra siklus hasil penelitiannya adalah 43,74% dengan kriteria cukup, ketika siklus I hasil penelitiannya adalah 72,91% kriteria baik, dan ketika siklus II hasil penelitiannya adalah 85,74% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dengan media math symbol dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru kelas masing-masing melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar anak terus meningkat. Berdasarkan hasil penelitian diatas, menunjukkan bahwa metode pemberian tugas dengan menggunakan media math symbol dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit anak.
Actions (login required)
|
View Item |