Penerapan Five Language Continuum Sebagai Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak

Rihlah, Jauharotur and Hardiningrum, Andini and Shari, Destita (2021) Penerapan Five Language Continuum Sebagai Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (2). pp. 80-89. ISSN 2579-7190

[img]
Preview
PDF
Penerapan Five Language Continuum Sebagai Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review andini hardiningrum.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review destita shari.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin destita shari.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHO...

Abstract

Komunikasi di dalam dunia pendidikan merupakan elemen tertinggi dan sangat penting kedudukannya, sehingga menjadi salah satu aspek terpenting dalam tolak ukur keberhasilan tujuan pendidikan itu sendiri. Stimulasi perkembangan sosial emosianal akan optimal diberikan apabila adanya komunikasi yang baik, efektif dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan five language continuum sebagai stimulasi perkembangan sosial emosinal anak sebagai tolak ukur keberhasilan komunikasi antara pendidik dan anak didik melalui penerapan five language continuum pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data berupa kuesioner/angket yang disusun menjadi butir-butir pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Instrumen penelitian yang digunakan telah melewati uji validitas dan reliabilitas pada 30 anak didik di TK Khadijah Pandegiling Surabaya dan dinyatakan valid dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.3 berada pada rentang 0.5 - 0.8 pada setiap butir pertanyaan. Selanjutnya uji reliabilitas yang diperoleh pada penerapan five language continuum sebagai stimulasi perkembangan sosial emosinal anak sebesar 0.919 dan 0.922 dengan kategori tinggi, sehingga butir pertanyaan pada instrumen penelitian dinyatakan valid dan reabel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi, hasil yang diperoleh yakni d penerapan five language continuum dapat memberikan kontribusi yang efektif dan signifikan pada stimulasi perkembangan social emosional anak dengan hubungan yang negatif di TK Khadijah Pandigiling.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Five Language Continuum, Perkembangan Sosial Emosional, Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:48
Last Modified: 04 Nov 2022 01:40
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8799

Actions (login required)

View Item View Item