Rihlah, Jauharotur (2020) Model Pembelajaran Sentra Karakter Berbasis Aswaja Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Guru dan Peserta Didik di TKM Mazra’atul Ulum Paciran. Prosiding Semadif 2020 " Program Pengabdian Masyarakat, Menyalakan Nalar Bangsa", 1. pp. 123-127. ISSN 978-623-7578-93-2
|
PDF
Model Pembelajaran Sentra Karakter Berbasis Aswaja Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Guru dan Peserta Didik di TKM Mazra’atul Ulum Paciran.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas harus menjadi prioritas utama dalamprogram pembangunan nasional. TKM Mazra’atul Ulum Paciran merupakan lembaga pendidikan swastayang berada di daerah pesisir Lamongan tepatnya di desa Paciran. Penduduk desa Paciran berada padakalangan ekonomi menengah ke bawah, sebagian besar penduduk desa paciran berprofesi sebagai nelayan,petani, dan ibu rumah tangga, Selain itu desa Paciran merupakan kawasan pondok pesantren, sehinggapenduduk desa khususnya guru dan peserta didik dituntut memiliki perilaku moral dan karakter yang islami sesuai dengan budaya yang ada di desa Paciran. Dari uraian di atas maka perlu adanya pembinaan danpeningkatan mutu pendidikan terhadap sumber daya manusia (guru), perkembangan peserta didik, sertamodel pembelajaran yang baik. Solusi yang dapat diberikan pada permasalahan di atas adalah menciptakanmodel pembelajaran sentra karakter berbasis Aswaja, dalam model pembelajaran sentra karakter anak danguru akan lebih aktif dalam kegiatan karena mereka akan bermain sesuai dengan minat masing-masingModel pembelajaran sentra karakter berbasis Aswaja dapat dilaksanakan dengan menambah berbagai permaianan tentang keAswaja-an, memberi pengetahuan yang mendalam tentang Aswaja melalui berbagaipermainan, sehingga perilaku dan karakter yang islami pada SDM (guru) dan peserta didik tetap terbentukdan terjaga melalui pembelajaran sentra berbasis yang dilakukan secara konsisten. Dengan demikian solusuntuk permasalahan ini adalah model pembelajaran sentra karakter berbasis Aswaja sebagai upayapembinaan karakter guru dan peserta didik di TKM Mazra’atul Ulum Paciran. Solusi tersebut dilaksanakandalam 2 tahap yaitu sesi 1 tentang persiapan serta sesi 2 tentang pelaksanaan. Luaran pada sesi 1 adalahpeningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM (guru) dalam model pembelajaran sentra berbasis Aswaja. Luaran pada sesi 2 diharapkan dapat menjalankan model pembelajaran sentra karakter berbasis Aswajasesuai dengan perencanaan dan konsisten.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, sentra karakter, aswaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 08:45 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:45 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |