Syaikhon, Muhammad and Rihlah, Jauharotur (2019) Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di TK TAAM Adinda Menganti Gresik. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5 (1). pp. 1-13. ISSN 2656-6680
|
PDF
Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di TK TAAM Adinda Menganti Gresik.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review muhammad syaikhon.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin muhammad syaikhon.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (3) bagaimana hasil dari penerapan strategi pengembangan PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik?. Berdasarkan fokus masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (3) untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan strategi pengembangan PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik?. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: strategi pengembangan PAI yang dilakukan di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik sangat tepat sekali, dengan mengadopsi dari teori-teori dan konsep pembelajaran ala Rasulullah dan dipadukan dengan konsep dan teori-teori pembelajaran yang berkembang saat ini. Faktor pendukung penerapan strategi ini adalah pendidik memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam, adanya fasilitas yang berupa TV dan VCD, dan memiliki buku-buku Islami sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya persediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran, terbatasnya media pembelajaran sehingga metode yang digunakan dalam pembelajaran pun kurang bervariasi, dan perbedaan latar belakang keluarga serta minimnya dalam pemahaman agama. Keberhasilan pembelajaran PAI tersebut telah berpengaruh positif bagi TK TAAM Adinda baik secara sosiologis maupun psikologis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan ; Pendidikan Agama Islam ; Anak Usia Dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 02:53 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 02:53 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9041 |
Actions (login required)
View Item |