Syaikhon, Muhammad (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di RA Sabilul Huda Desa Laban Menganti Gresik. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5 (1). pp. 1-9. ISSN 2656-6680
|
PDF
Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di RA Sabilul Huda Desa Laban Menganti Gresik.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review muhammad syaikhon.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin muhammad syaikhon.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di RA Sabilul Huda Desa Laban Menganti Gresik. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Sabilul Huda desa Laban Menganti Gresik serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter di RA Sabilul Huda desa Laban Menganti Gresik dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dalam proses implementasi pendidikan karakter dimulai dengan memasukkan muatan nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum sekolah, kemudian dalam Program tahunan dan program semester, Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH). Untuk proses pelaksanaan pendidikan karakter terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, keteladanan serta pembiasaanpembiasaan. Sedangkan untuk penilaian dalam proses penerapan pendidikan karakter terintegrasi dalam penilaian pembelajaran dan penilaian spontan yang dilakukan oleh pendidik. Dalam proses implementasi pendidikan karakter di RA Sabilul Huda, terdapat faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu adanya muatan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah, kemudian ada motivasi dari sekolah untuk mutu keluaran yang berakhlak mulia, dan sarana beserta prasarana yang menunjang untuk penerapan pendidikan karakter sudah memadai. Untuk faktor penghambat yaitu karakteristik anak yang berbeda-beda, faktor lingkungan peserta didik, pendanaan pendidikan karakter yang masih dibebankan sepenuhnya ke pihak sekolah, peserta didik mudah tidak fokus, dan monitoring dari pusat kurikulum yang masih minim.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 03:03 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 03:03 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9042 |
Actions (login required)
View Item |