ASTIANAH, ASTIANAH
(2020)
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT MELATI PANJI PERMATA DI KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode pemberian tugas adalah salah satu metode untuk memberikan pengalaman
belajar yang dapat meningkatkan cara belajar yang lebih baik dan memantapkan
penguasaan perolehan hasil belajar. Pemberian tugas merupakan tahap yang
paling penting dalam mengajar. Karena dengan pemberian tugas itu guru
memperoleh umpan balik tentang kualitas hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan
kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tshun di PPT Melati Panji Permata di
Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan 2 kali siklus, subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Melati
Panji Permata. Teknik pengumpulan data meliputu observasi,dokumentasi, foto
dan video.Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pra siklus 40% dengan kriteria Belum Berkembang
(BB), siklus 1 mencapai 40% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB),
pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik
(BSB) yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembetrian tugas dengan kegiatan montase dapat meningkatkan kemampuan
motorik halaus anak usia 3-4 tahun di PPT.Sehingga disarankan kepada guru
untuk menerapkan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kemampuan
motorik halus anak .
Actions (login required)
|
View Item |