Widyaningtyas, Winda
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM BATU PELANGI PADA ANAK B DI PPT TUNAS BANGSA BULAK KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Hal
ini sesuai dengan pendapat Pudjiati & Masykouri (dalam Khadijah 2016:31) Kognitif
adalah kemampuan belajar atau berpikir atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk
mempelajari keterampilan dan konsep baru, untuk lebih memahami apa yang terjadi
di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dalam menyelesaikan
soal-soal sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif
dalam mengenal bentuk geometri melalui media bahan alam batu pelangi pada anak
B di PPT Tunas Bangsa Kec. Bulak Kota Surabaya.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus,
setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan
Refleksi . Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Tunas Bangsa yang
berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
dokumentasi.P
Hasil penelitian pada siklus I menunjukan perkembangan kognitif sebesar 55,83%
dan pada penelitian siklus II menunjukkan perkembangan kognitif sebesar 83,3%
dengan pencapaian kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan media
bahan alam batu pelangi dapat meningkatkan perkembangan kognitif mengenal
bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Bulak Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |