JUHAIDAH, HAZMI
(2020)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI RA BAITUR ROHIM GANTING GEDANGAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian pada anak kelompok B RA Baitur Rohim dilatar belakangi oleh
kurangnya kemampuan berhitung pada anak dalam hal menyebut dan mencocokkan
bilangan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diberikan tanpa
menggunakan media, sehingga anak merasa bosan, tidak fokus dan kurang antusias
dalam belajar. Solusi yang tepat untuk permasalahan yang dihadapi oleh RA Baitur
Rohim yaitu dengan Menggunakan Media Alat Peraga Konkret. Tujuan dari
penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari media
alat peraga konkret terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B (usia 56
tahun) di RA Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan metode eksperimen
dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-tes posttest.
Jumlah sampel 25 anak pada kelompok B RA Baitur Rohim. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil
uji menunjukkan bahwa korelasinya adalah 0,735>0,000 Nilai korelasi lebih besar
dari pada nilai sig, hal ini menunjukkan adanya pengaruh pengaruh media alat
peraga konkret terhadap kemampuan berhitung anak dengan nilai cukup. Guru
sebaiknya menyajikan pembelajaran dengan media yang bervariasi atau
memotivasi anak didik dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. Salah
satunya dengan media alat peraga konkret ini bisa menjadi refrensi untuk kegiatan
pembelajaran yang membuat anak didik lebih aktif dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |