RAHMAH, AFIFAH LUTHFIYATUR
(2021)
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TIGA DIMENSI DENGAN AKTIVITAS BEREKSPLORASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUSLIMAT KECAMATAN WONOCOLO KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Eksplorasi adalah kegiatan untuk mengamati. Eksplorasi dapat memberikan kesempatan
bagi anak melihat, memahami, merasakan, dan membuat sesuatu yang menarik. Eksplorasi
diciptakan oleh pendidik untuk menstimulus anak mengeksplorasi objek-objek yang ada
disekitar mereka. Pada anak 5-6 tahun di TK Muslimat Kec. Wonocolo terdapat beberapa anak
yang mengalami masalah dalam aktivitas berksplorasi. Hal ini terjadi karena pembelajaran
yang diberikan tidak menggunakan media. Sehingga anak menjadi bosan dan sering bergurau
dengan teman-temannya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penggunaan media papan flanel
tiga dimensi dengan aktivitas bereksplorasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Kec.
Wonocolo Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode non eksperimen.
Didukung dengan teknik random sampling dalam pemilihan sampel, jumlah sampel yaitu 10
anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Muslimat Kec. Wonocolo. Teknik pengambilan
data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah korelasi Spearman Rank.
Hasil penelitian ini menunjukkan antara variabel media papan flanel tiga dimensi
dengan variabel aktivitas bereksplorasi adalah sebesar 0,004 < 0,050, yang berarti terdapat
hubungan yang signifikan antara variabel media papan flanel tiga dimensi dengan variabel
aktivitas bereksplorasi. Selanjutnya, nilai korelasi spearman nya sebesar 0,820 ini tergolong
ke dalam kategori “Hubungan Sangat Kuat” karena berada dalam tingkat antara 0,700 – 0,899.
Sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan penggunaan media papan flanel tiga dimensi
dengan aktivitas bereksplorasi pada usia 5-6 tahun di TK Muslimat Kecamatan Wonocolo
Kota Surabaya memiliki hubungan yang sangat erat dan bernilai positif.
Disarankan kepada pendidik lebih berinovasi untuk menggunakan media pembelajaran
yang beragam serta kreatifitas, sehingga anak tidak mudah bosan dan minat belajar anak dapat
berkembang lebih maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |