KISHBUALLAH, FAISAL RIZKI (2022) HUBUNGAN STRES AKADEMIK DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PRODI S1 KEPERAWATAN SEMESTER 6 DAN 8 UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
PDF
SR-KP-220069_abstract.pdf Download (463kB) |
Abstract
Faktor yang menyebabkan penurunan prestasi mahasiswa adalah stres akademik dan minat belajar mahasiswa turun. Mahasiswa di Indonesia sebesar 8,9 juta pada tahun 2021 yang mengalami stres didapatkan sebesar 38-71%, sedangkan yang mengalami minat belajar turun sebesar 39,6-61,3% Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan stres akademik dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19 pada Prodi S1 Keperawatan Semester 6 dan 8 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Jenis penelitian Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh semester 6 dan 8 berjumlah 251 mahasiswa. Besar sampel adalah 154 mahasiswa variabel independen stres akademik dan minat, variabel dependen prestasi belajar yang diambil dengan Stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakkan kuesioner MSSQ dan minat belajar. Analisis data menggunakkan uji Spearmen rank, α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 154 mahasiswa prodi S1 Keperawatan hampir setengahnya (47,4%) mengalami stres akademik berat, hampir seluruhnya (77,3%) mahasiswa mempunyai minat belajar yang kurang baik, sebagian besar (60,4%) memiliki prestasi belajar memuaskan. Hasil uji statistik menggunakan Spearmen rank terdapat hubungan stres akademik dengan prestasi belajar (p=0,005), terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar (p=0,043). Kesimpulan penelitian ini pada mahasiswa mengalami stres akademik dan minat belajar berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19 pada prodi S1 Keperawatan Semester 6 dan 8 di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Oleh karena itu penting untuk diadakannya pelatihan kepada mahasiswa yang mengalami minat belajar turun dan stres akademik yang meningkat.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Stres, Minat dan Prestasi Belajar (Indeks Prestasi Komulatif) | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Adit | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 05:11 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2024 08:21 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9795 |
Actions (login required)
View Item |