Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Farida, Aniswatul and Kasiyun, Suharmono and Ghufron, Syamsul and Djazilan, Muhammad Sukron (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (2). pp. 2922-2930. ISSN 2580-1147

[img] PDF
Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (964kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sebelum menggunakan model pembelajaran analogi, (2) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sesudah menggunakan model pembelajaran analogi, (3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran analogi terhadap keterampilan berpikir kritis Bahasa Indonesia siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes berupa tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (t-test) yang menggunakan program computer SPSS versi 25 windows 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran analogi dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (10,688 > 2,074).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran analogi, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:28
Last Modified: 07 Feb 2024 03:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item