Farida, Aniswatul and Kasiyun, Suharmono and Ghufron, Syamsul and Djazilan, Muhammad Sukron (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (2). pp. 2922-2930. ISSN 2580-1147
PDF
Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.pdf Download (303kB) |
|
PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf Download (964kB) |
|
PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sebelum menggunakan model pembelajaran analogi, (2) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sesudah menggunakan model pembelajaran analogi, (3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran analogi terhadap keterampilan berpikir kritis Bahasa Indonesia siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes berupa tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (t-test) yang menggunakan program computer SPSS versi 25 windows 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran analogi dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (10,688 > 2,074).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran analogi, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:28 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:28 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10622 |
Actions (login required)
View Item |