De-Radikalisasi Anak dan Remaja dengan Meningkatkan Nasionalisme dan Spiritualis Melalui Program Pembelajaran Anak Negeri

Algristian, Hafid and Handayani, . (2018) De-Radikalisasi Anak dan Remaja dengan Meningkatkan Nasionalisme dan Spiritualis Melalui Program Pembelajaran Anak Negeri. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1 (1). pp. 27-34. ISSN 2623-2456

[img]
Preview
PDF
De-Radikalisasi Anak dan Remaja dengan Meningkatkan Nasionalisme dan Spiritualis Melalui Program Pembelajaran Anak Negeri.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://www.jurnaljpmi.com/index.php/jpmi/article/v...

Abstract

Remaja dan anak-anak merupakan kelompok yang rawan akan radikalisme. Program deredikalisasi ini merupakan inovasi bidang pengabdian masyarakat yang disebut “Pembelajaran Anak Negeri”. Program ini bermanfaat untuk mencegah radikalisme, dengan cara meningkatkan nasionalisme, spiritualitas dan kreativitas bagi anak-anak dan remaja. Program ini terdiri dari dua bagian besar, yakni penyampaian materi singkat dan permainan edukatif. Untuk menilai keberhasilan program pengabdian masyarakat ini, tim fakultas kedokteran UNUSA menggunakan alat ukur kepribadian yaitu Radical Personality Test (RPT) dalam bentuk pre-test dan post-test. Penilaian dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Penilaian langsung menggunakan metode wawancara terstruktur, sedangkan penilaian tidak langsung melalui observasi tingkah laku anak-anak selama mengikuti program pembelajaran. Hasil penilaian kepribadian menunjukkan nilai post-test tingkat nasionalisme dan spiritualitas meningkat, sedangkan nilai tingkat radikalisme menurun. Secara emosional, anak-anak KANRI lebih stabil dan lebih mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Program pengabdian masyarakat ini berhasil menurunkan tingkat radikalisme pada anak KANRI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Radikalisme, nasionalisme, sprititualisme, Radical Personality Test (RPT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Program Study of Medicine
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:38
Last Modified: 20 Mar 2019 08:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item