PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEDIA DIORAMA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PEPELEGI 2 SIDOARJO

ANINGSIH, ZAHIROH TRI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEDIA DIORAMA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PEPELEGI 2 SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190008_abstract.pdf

Download (972kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22259.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menetahui penerapan model pembelajaran Inquiry Guided dengan media Diorama Alam pada mata pelajaran IPA terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Beberapa guru di kelas yang kurang memvariasikan model pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Berdasarkan kenyataan ini, peneliti ingin mengvariasikan model pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One Group Pre-test Post-test. Sebelum melakukan penelitian, peneliti harus melakukan validasi perangkat pembelajaran oleh para pakar atau ahli dengan menggunakan perhitungan Percentage Of Agreement. Hasil perhitungan Percentage Of Agreement mendapatkan hasil Realiabel yang tinggi. Hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan SPSS bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Guided terhadap hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri Pepelegi 2 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Maret 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik dengan analisis uji wilcoxon matched pair, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pepelegi 2 Sidoarjo dengan rata-rata nilai sebesar 90,82 setelah diberi penerapan model pembelajaran Inquiry Guided. Hal ini diketahui melalui hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest dan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Guided terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN0717108402mtaufiq79@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Guided, Hasil Belajar, Media Diorama Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:12
Last Modified: 12 Apr 2023 07:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item View Item