ANINGSIH, ZAHIROH TRI
(2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEDIA DIORAMA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PEPELEGI 2 SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menetahui penerapan model pembelajaran
Inquiry Guided dengan media Diorama Alam pada mata pelajaran IPA terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Beberapa guru di kelas yang kurang
memvariasikan model pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar kurang
memuaskan. Berdasarkan kenyataan ini, peneliti ingin mengvariasikan model
pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan
metode eksperimen dan dengan desain One Group Pre-test Post-test. Sebelum
melakukan penelitian, peneliti harus melakukan validasi perangkat pembelajaran
oleh para pakar atau ahli dengan menggunakan perhitungan Percentage Of
Agreement. Hasil perhitungan Percentage Of Agreement mendapatkan hasil
Realiabel yang tinggi. Hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan SPSS
bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Guided terhadap
hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri Pepelegi 2
Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan
bulan Maret 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan tes yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah
uji statistik non parametrik dengan analisis uji wilcoxon matched pair, karena data
tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ada pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri
Pepelegi 2 Sidoarjo dengan rata-rata nilai sebesar 90,82 setelah diberi penerapan
model pembelajaran Inquiry Guided. Hal ini diketahui melalui hasil output “Test
Statistics”, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, maka
dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan
pada nilai pretest dan posttest dan ada pengaruh penerapan model pembelajaran
Inquiry Guided terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |