Meta-analisis Pengaruh Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Matematika

Ula, Nurul and Hartatik, Sri and Nafiah, . and Akhwani, . (2020) Meta-analisis Pengaruh Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11 (1). pp. 82-92. ISSN 2579-7646

[img]
Preview
PDF
Meta-analisis Pengaruh Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajara.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review akhwani.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin akhwani.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/arti...

Abstract

Siswa yang memiliki minat belajar tinggi merupakan impian setiap pendidik, tetapi dalam proses belajar mengajar pendidik juga harus mampu memberikan pengajaran dengan baik dan menyenangkan, sehingga siswa tidak mengalami kebosanan. Para pendidik harus mempersiapkan dorongan ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, seperti penggunaan media visual. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui meta-analisis pengaruh media visual terhadap minat belajar siswa SD pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian meta-analisis, kemudian pada teknik pengumpulan data menggunakan dokumen tertulis dan populasi yang berasal dari buku, jurnal dan artikel. Kemudian sampel yang digunakan adalah purposive sampling ditentukan sesuai pembahasan artikel ini, sebanyak 20 artikel. Selanjutnya data dianalisis menggunakan prosentase diagram, tabel dan dianalisis secara kualitatif. Hasil artikel ini menunjukkan bahwa 1. Media proyeksi diam banyak digunakan dan berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pembelajar matematika, dengan prosentase sebesar 60%. 2. Subjek siswa SD banyak dijadikan penelitian, dengan 16 subjek siswa SD dalam 20 artikel. 3. Metode yang banyak digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah 8 data kuantitatif. 4. Dan analisis data yang banyak digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan prosentase 40,0. 5. Hasil rata-rata sebelum diberikan media visual 59,34 dan meningkat 15,4 kemudian hasil akhir menjadi 74,7.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: meta-analisis; media visual; minat belajar; siswa sd; pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:29
Last Modified: 22 Jun 2022 03:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item