KHOTIMAH, HUSNUL
(2021)
THE CORRELATION BETWEEN INTROVERT-EXTROVERT PERSONALITY AND STUDENTS SPEAKING ABILITY PERFORMANCE: META ANALYSIS.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Khotimah, Husnul (2021) Hubungan Kepribadian Introvert-Ekstrovert dengan
Kinerja Kemampuan Berbicara Siswa. Skripsi: Program Study
Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing: Tiyas Saputri,
S.S., M.Pd.
Penelitian ini merupakan upaya untuk menyelidiki kemungkinan peran
kepribadian ekstrovert-introvert terhadap kinerja kemampuan berbicara siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis hubungan yang
signifikan antara kepribadian siswa (introvert-ekstrovert) dengan kinerja
kemampuan berbicara mereka; (2) Untuk mengetahui kinerja kemampuan
berbicara siswa dengan kepribadian introvert; dan (3) Untuk mengetahui
mengetahui kinerja kemampuan berbicara kepribadian ekstrovert siswa. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Data dihitung secara
statistik oleh Jamovi. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi antara
kepribadian introvert-ekstrovert dengan kinerja kemampuan berbicara adalah 1,27
yang menunjukkan korelasi yang tinggi antara variabel-variabel tersebut. Studi ini
juga menemukan bahwa ekstrovert berbicara lebih baik daripada introvert. Dari
penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kepribadian introvert-ekstrovert
mempengaruhi kinerja kemampuan berbicara siswa.
Actions (login required)
|
View Item |