PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA DADU KAKARU PADA KELOMPOK B RA NASRULLAH DESA SAWOTRATAP GEDANGAN SIDOARJO

HERDIANA, HERDIANA (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA DADU KAKARU PADA KELOMPOK B RA NASRULLAH DESA SAWOTRATAP GEDANGAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210035_abstract.pdf

Download (730kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29108.html

Abstract

Herdiana, 2021. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Angka Melalui Model Number Heads Together ( NHT) Dengan Media Dadu Kakaru Pada Kelompok B RA Nasrullah Desa Sawotratap Gedangan Sidoarjo”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Anak usia ini sangat peka dengan apa yang mereka lihat, kecenderungan cara belajar mereka adalah seeandsay atau melihat dan mengucapkan, begitu juga cara belajar berhitung mereka, bermula dari melihat kemudian mengolahnya melalui kognisi mereka. Namun, pada kelompok B usia 5-6 th., RA Nasrullah kemampuan kognitif anak masih rendah dikarenakan guru jarang menggunakan media dan pembelajaran klasikal dan ceramah sehingga anak kurang minat belajar. Peneliti melalui model pembelajaran kooperatif Number Heads Together ( NHT) dengan media Dadu Kakaru sebagai solusinya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada masa pandemi covid-19 ini penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti ini dilaksanakan dengan teknik luring ( tatap muka) dengan pembatasan kehadiran 8 anak dengan menjaga protokol kesehatan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi sedangkan analisis yang digunakan adalah teknik prosentasi. Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 54% dan masuk kriteria (Berkembang Sesuai Harapan) atau Baik dan harus diulang pada siklus kedua. Pada siklus kedua pencapaian yang didapatkan 79% dan masuk kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) atau Sangat Baik. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman mengenal angka pada Kelompok B usia 5-6 th melalui model NHT dengan media Dadu Kakaru Pada Kelompok B RA Nasrullah Desa Sawotratap Gedangan Sidoarjo , dan disarankan para guru untuk dapat berkreasi menciptakan permainan-permainan edukatif bervarian, warna-warni dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mengenal angka , model Number Heads Together (NHT), Dadu Kakaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:03
Last Modified: 12 Apr 2023 03:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item