HERDIANA, HERDIANA
(2021)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA DADU KAKARU PADA KELOMPOK B RA NASRULLAH DESA SAWOTRATAP GEDANGAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Herdiana, 2021. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam
Mengenal Angka Melalui Model Number Heads Together ( NHT)
Dengan Media Dadu Kakaru Pada Kelompok B RA Nasrullah Desa
Sawotratap Gedangan Sidoarjo”. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini . Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Anak usia ini sangat peka dengan apa yang mereka lihat,
kecenderungan cara belajar mereka adalah seeandsay atau melihat dan
mengucapkan, begitu juga cara belajar berhitung mereka, bermula dari
melihat kemudian mengolahnya melalui kognisi mereka. Namun, pada
kelompok B usia 5-6 th., RA Nasrullah kemampuan kognitif anak masih
rendah dikarenakan guru jarang menggunakan media dan pembelajaran
klasikal dan ceramah sehingga anak kurang minat belajar. Peneliti melalui
model pembelajaran kooperatif Number Heads Together ( NHT) dengan
media Dadu Kakaru sebagai solusinya untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau
penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada masa
pandemi covid-19 ini penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh
peneliti ini dilaksanakan dengan teknik luring ( tatap muka) dengan
pembatasan kehadiran 8 anak dengan menjaga protokol kesehatan. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi
sedangkan analisis yang digunakan adalah teknik prosentasi.
Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 54% dan
masuk kriteria (Berkembang Sesuai Harapan) atau Baik dan harus diulang
pada siklus kedua. Pada siklus kedua pencapaian yang didapatkan 79%
dan masuk kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) atau Sangat Baik.
Adapun kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
peningkatan pemahaman mengenal angka pada Kelompok B usia 5-6 th
melalui model NHT dengan media Dadu Kakaru Pada Kelompok B RA
Nasrullah Desa Sawotratap Gedangan Sidoarjo , dan disarankan para guru
untuk dapat berkreasi menciptakan permainan-permainan edukatif
bervarian, warna-warni dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |