AGUSTINAR, DWI PUTRI
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BERMAIN PAPAN RABA DI KELOMPOK A TK KHADIJAH 3 DARMO INDAH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Dwi Putri Agustinar, 2021 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk
Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Papan Raba Di Kelompok A TK
Khadijah 3 Darmo Indah Surabaya. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Latar belakang penelitian ini kemampuan anak dalam mengenal konsep
bentuk lambang bilangan masih kurang. Dalam menuliskan beberapa bentuk
lambang bilangan masih sering terbalik
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bentuk lambang bilangan dengan
media bermain papan raba di kelompok A di TK KHADIJAH 3 Darmo Indah
Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas
Hasil penelitian pra siklus rata-rata 49,62 % dengan kreteria Mulai
Berkembang (MB), pada siklus 1 rata-rata 55,5 % dengan kreteria Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) sedangkan pada siklus 2 rata-rata 75,92 % dengan kreteria
Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan pencapaian tiga indikator yaitu Anak
dapat membilang banyak benda, Anak dapat mengenal lambang bilangan dan Anak
dapat mengenal konsep bentuk lambang bilangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di BAB IV tentang
Penelitian dan Pembahasan Kemampuan mengenal konsep bentuk lambang
bilangan anak kelompok A di TK Khadijah 3 dapat disimpulkan bahwa media
bermain papan raba ini dapat peningkatan kemampuan kognitif anak. Diharapkan
guru dapat memilih serta menggunakan metode maupun media pembelajaran yang
tepat dalam setiap kegiatannya. Dan orangtua juga membantu membimbing,
memberikan stimulasi agar seluruh potensi yang dimiliki anak dapat berkembang
dengan optimal.
Actions (login required)
|
View Item |