MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BERMAIN PAPAN RABA DI KELOMPOK A TK KHADIJAH 3 DARMO INDAH SURABAYA

AGUSTINAR, DWI PUTRI (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BERMAIN PAPAN RABA DI KELOMPOK A TK KHADIJAH 3 DARMO INDAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210074_abstract.pdf

Download (326kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29391.html

Abstract

Dwi Putri Agustinar, 2021 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Papan Raba Di Kelompok A TK Khadijah 3 Darmo Indah Surabaya. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Latar belakang penelitian ini kemampuan anak dalam mengenal konsep bentuk lambang bilangan masih kurang. Dalam menuliskan beberapa bentuk lambang bilangan masih sering terbalik Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bentuk lambang bilangan dengan media bermain papan raba di kelompok A di TK KHADIJAH 3 Darmo Indah Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian pra siklus rata-rata 49,62 % dengan kreteria Mulai Berkembang (MB), pada siklus 1 rata-rata 55,5 % dengan kreteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sedangkan pada siklus 2 rata-rata 75,92 % dengan kreteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan pencapaian tiga indikator yaitu Anak dapat membilang banyak benda, Anak dapat mengenal lambang bilangan dan Anak dapat mengenal konsep bentuk lambang bilangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di BAB IV tentang Penelitian dan Pembahasan Kemampuan mengenal konsep bentuk lambang bilangan anak kelompok A di TK Khadijah 3 dapat disimpulkan bahwa media bermain papan raba ini dapat peningkatan kemampuan kognitif anak. Diharapkan guru dapat memilih serta menggunakan metode maupun media pembelajaran yang tepat dalam setiap kegiatannya. Dan orangtua juga membantu membimbing, memberikan stimulasi agar seluruh potensi yang dimiliki anak dapat berkembang dengan optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardiningrum, AndiniNIDN0703109202andinihardiningrum@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Konsep bentuk bilangan, Papan Raba
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:51
Last Modified: 19 Jan 2022 08:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7236

Actions (login required)

View Item View Item