AGUSTIN, DIANA PERISTIWATI
(2021)
GAMBARAN PERKEMBANGAN STATUS MENTAL ANAK USIA DINI 4 - 5 TAHUN DI TK AL FIKRI GILANG TAMAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari basil observasi dari TK AL FIKRI
Gilang Taman Sidoarjo yang menunjukan rendahnya perkembangan status mental
anak dengan adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola perkembangan status
mental anak ada apa yang dominan diterapkan orang tua peserta didik, mengetahui
tingkat perkembangan status mental anak serta melakukan observasi dengan anak
dan wawancara terhadap orang tua dengan melakukan vidio call dengan orang tua
peserta didik. Metode penelitian deskriptifkualitatif yaitu dengan cara pendekatan
anak sebelum ada salah satu walimurid yang terkena covid 19. Teknik
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan perkembangan status mental anak yang basil
penelitian dari 14 anak terdapat 4 anak berkembang sering sekali (SS), 6 anak
berkembang Sering (S), 2 anak berkembang jarang (J), 2 anak berkembang tidak
pemah (TP).
Kesimpulan penelitian ini menunjukan perkembangan status mental anak
dengan tingkat perkembangan status mental terdapat hubungan yang signifikan
dengan pola asuh dari orang tua. Orang tua memahami perkembangan status mental
yang mendukung aspek sosial emosional anak, serta guru menerapkan
pembelajaran yang mampu menstimulus perkembangan status mental anak sesuai
dengan harapan.
Actions (login required)
|
View Item |