GAMBARAN PERKEMBANGAN STATUS MENTAL ANAK USIA DINI 4 - 5 TAHUN DI TK AL FIKRI GILANG TAMAN SIDOARJO

AGUSTIN, DIANA PERISTIWATI (2021) GAMBARAN PERKEMBANGAN STATUS MENTAL ANAK USIA DINI 4 - 5 TAHUN DI TK AL FIKRI GILANG TAMAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210101_abstract.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30256.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari basil observasi dari TK AL FIKRI Gilang Taman Sidoarjo yang menunjukan rendahnya perkembangan status mental anak dengan adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola perkembangan status mental anak ada apa yang dominan diterapkan orang tua peserta didik, mengetahui tingkat perkembangan status mental anak serta melakukan observasi dengan anak dan wawancara terhadap orang tua dengan melakukan vidio call dengan orang tua peserta didik. Metode penelitian deskriptifkualitatif yaitu dengan cara pendekatan anak sebelum ada salah satu walimurid yang terkena covid 19. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perkembangan status mental anak yang basil penelitian dari 14 anak terdapat 4 anak berkembang sering sekali (SS), 6 anak berkembang Sering (S), 2 anak berkembang jarang (J), 2 anak berkembang tidak pemah (TP). Kesimpulan penelitian ini menunjukan perkembangan status mental anak dengan tingkat perkembangan status mental terdapat hubungan yang signifikan dengan pola asuh dari orang tua. Orang tua memahami perkembangan status mental yang mendukung aspek sosial emosional anak, serta guru menerapkan pembelajaran yang mampu menstimulus perkembangan status mental anak sesuai dengan harapan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: perkembangan status mental anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:03
Last Modified: 12 Apr 2023 05:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item