AMANAH, NAILUL
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PENGELOMPOKAN WARNA DI PPT PERMATA KASIH GENTENG SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nailul Amanah 2020, “Gambaran Kemampuan Kognitif melalui kegiatan pengelompokan
warna di PPT permata kasih Genteng surabaya”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nadlatul
Ulama Surabaya. Pembimbing Nanang Rakhman Saleh, S.Ag., M.Th.I.
Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Hal ini sesuai
dengan pendapat Pudjiati & Masykouri (dalam Khadijah 2016:31) Kognitif adalah kemampuan
belajar atau berpikir atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan
konsep baru, untuk lebih memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan
menggunakan daya ingat dalam menyelesaikan kemampuan kognitif anak dalam mengenal
warna di PPT permata Kasih Genteng Surabaya adalah belum berkembang sesuai
harapan,sehingga permasalahan ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokan warna di
PPT Permata Kasih Genteng Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2
siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan
Refleksi . Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Permata Kasih yang berjumlah 15
anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi, dan
analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak melelaui kegiatan
pengelompokan warna pada pra skilus mencapai 0 % mulai berkembang pada siklus I
mencapai 50 % anak mempunyai kemampuan berkembang,Serta pada siklus II hampir
seluruhnya 92 % kemampuan mulai berkembang
Actions (login required)
|
View Item |