GAMBARAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PENGELOMPOKAN WARNA DI PPT PERMATA KASIH GENTENG SURABAYA

AMANAH, NAILUL (2020) GAMBARAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PENGELOMPOKAN WARNA DI PPT PERMATA KASIH GENTENG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200012_abstract.pdf

Download (272kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26736.html

Abstract

Nailul Amanah 2020, “Gambaran Kemampuan Kognitif melalui kegiatan pengelompokan warna di PPT permata kasih Genteng surabaya”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nadlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Nanang Rakhman Saleh, S.Ag., M.Th.I. Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Hal ini sesuai dengan pendapat Pudjiati & Masykouri (dalam Khadijah 2016:31) Kognitif adalah kemampuan belajar atau berpikir atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, untuk lebih memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dalam menyelesaikan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna di PPT permata Kasih Genteng Surabaya adalah belum berkembang sesuai harapan,sehingga permasalahan ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokan warna di PPT Permata Kasih Genteng Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi . Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Permata Kasih yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi, dan analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak melelaui kegiatan pengelompokan warna pada pra skilus mencapai 0 % mulai berkembang pada siklus I mencapai 50 % anak mempunyai kemampuan berkembang,Serta pada siklus II hampir seluruhnya 92 % kemampuan mulai berkembang

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, kegiatan pengelompokan warna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:48
Last Modified: 25 Jan 2022 06:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item