META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD

MAULIDA, IKA SHOLIHATUL (2020) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200041_abstract.pdf

Download (843kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27301.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan model Make A Match dan meningkatkan hasil belajar IPS SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analisis. Penelitin ini diawali dengan merumuskan topik yang akan diteliti, membuat rumusan masalah, dan pada tahap akhir yaitu menelusuri artikel yang relevan untuk pengumpulan data. Data tersebut diperoleh dengan cara menelusuri jurnal online melalui google scholar dengan kata kunci pencarian “Make A Match”, “hasil belajar”, dan “pembelajaran IPS SD”. Dari hasil penelusuran diperoleh sebanyak 35 artikel tetapi yang relevan untuk digunakan hanya 10 artikel dalam penelitiannya yang sama yaitu hasil belajar dalam ranah kognitif. Data yang diperoleh diolah kembali menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SD dapat meningkat dengan nilai rata-rata sebelum diterapkan model make a match sebesar 45 dapat meningkat sebesar 10 menjadi 55. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model Make A match dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SD.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:35
Last Modified: 26 Jan 2022 01:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item