MAULIDA, IKA SHOLIHATUL
(2020)
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah
diterapkan model Make A Match dan meningkatkan hasil belajar IPS SD. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analisis. Penelitin ini
diawali dengan merumuskan topik yang akan diteliti, membuat rumusan masalah,
dan pada tahap akhir yaitu menelusuri artikel yang relevan untuk pengumpulan
data. Data tersebut diperoleh dengan cara menelusuri jurnal online melalui
google scholar dengan kata kunci pencarian “Make A Match”, “hasil belajar”, dan
“pembelajaran IPS SD”. Dari hasil penelusuran diperoleh sebanyak 35 artikel
tetapi yang relevan untuk digunakan hanya 10 artikel dalam penelitiannya yang
sama yaitu hasil belajar dalam ranah kognitif. Data yang diperoleh diolah kembali
menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPS SD dapat meningkat dengan nilai rata-rata sebelum
diterapkan model make a match sebesar 45 dapat meningkat sebesar 10 menjadi
55. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model Make A
match dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS SD.
Actions (login required)
|
View Item |