PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING SEKOLAH DASAR KYAI HASYIM SURABAYA

LARASATI, ZHUSNIA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING SEKOLAH DASAR KYAI HASYIM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200045_abstract.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27309.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 melalui pendekatan Mastery Learning sekolah dasar di Surabaya. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas 1 berjumlah 34 siswa. Penelitian menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat 61% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1, persentase ketuntasan siswa adalah 24% atau 8 siswa. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebanyak 85% atau 29 siswa. Artinya penerapan pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Mastery Learning, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:52
Last Modified: 26 Jan 2022 01:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item