UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IVMATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERIPERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SD HUSNUL HIDAYAH SURABAYA

HAQ, AHMAD NAJIBUL (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IVMATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERIPERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SD HUSNUL HIDAYAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200004_abstract.pdf

Download (513kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26198.html

Abstract

Menurunnya hasil belajar siswa selain disebabkan oleh ketidaktepatan metode yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar, juga berakar pada paradigma lama yang selalu menggunakan metode ceramah tanpa diselingi dengan metode yang membuat siswa untuk bisa berusaha memecahkan masalah. Didalam kelas waktu pelajaran dimulai, biasanya guru menganggap siswa sebagai penerima, menghindari pertanyaan dari siswa, menyampaikan ilmu pengetahuan secara searah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari arikunto yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dua siklus penelitian dimana setiap siklus difokuskan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. penelitian ini dilaksanakan di SD Husnul Hidayah Surabaya dengan subjek penelitian kelas IV.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:14
Last Modified: 12 Apr 2023 07:25
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item