HAQ, AHMAD NAJIBUL
(2020)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IVMATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERIPERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SD HUSNUL HIDAYAH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Menurunnya hasil belajar siswa selain disebabkan oleh ketidaktepatan metode
yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar, juga berakar pada paradigma
lama yang selalu menggunakan metode ceramah tanpa diselingi dengan metode yang
membuat siswa untuk bisa berusaha memecahkan masalah. Didalam kelas waktu
pelajaran dimulai, biasanya guru menganggap siswa sebagai penerima, menghindari
pertanyaan dari siswa, menyampaikan ilmu pengetahuan secara searah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari arikunto
yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dua siklus penelitian dimana
setiap siklus difokuskan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. penelitian
ini dilaksanakan di SD Husnul Hidayah Surabaya dengan subjek penelitian kelas IV.
Actions (login required)
|
View Item |