OCTAVIA, ANA
(2020)
PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK ISLAM GAYATRI PENJARINGAN ASRI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ana Octavia, NIM 4230016025 “Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
Di TK Islam Gayatri Penjaringan Asri Kec. Rungkut Surabaya”Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad
Syaikhon S.H.I, M.H.I
Salah satu kekuatan efekif yang sangat menentukan keberhasilan sekolah
atau lembaga pendidikan dalam mencapai tujuannya adalah peran kepala sekolah.
Permasalahan pada penelitian ini yaitu belum terjalinnya komunikasi
interpersonal antara guru dengan kepala sekolah, atau memang budaya kerja
pimpinan belum dapat ditiru oleh warga sekolah dan guru yang lain. Keadaan
inilah yang menarik untuk diteliti lebih mendalam. Melalui komunikasi
interpersonal diharapkan dapat membangun budaya kerja yang baik.Komunikasi
interpersonalpun sementara masih banyak hambatan untuk dilakukan. Kepala
sekolah tentunya juga memiliki tanggungjawab kedinasan lain yang harus diurus,
sehingga akan kesulitan untuk dapat melakukan komunikasi yang intensif dengan
setiap guru untuk bertukar pikiran, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan untuk mengetahui
Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah TK Islam Gayatri Penjaringan Kec.
Rungkut Kota Surabaya dalam meningkatkan kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian
dengan mengambil data Guru di TK Islam Gayatri Penjaringan Asri Kecamatan
Rungkut Surabaya teknikpengumpulan data berupa wawancara, analisis data
menggunakan model Miles and Hubermandengan cara pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Peran kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di TK Islam GayatriPenjaringanAsri meliputi Sebagai
Educatoratau tenaga pendidik, Sebagai Manajer yang mengelola manajemen
sekolah, Sebagai Administrator yang terorganisir operasionalsekolah, Sebagai
Supervisor yang mengarahkan dan mengawasi kinerja guru, Sebagai Leaderyang
memimpin para bunda/guru dan Sebagai Motivator yang memberikan dukungan
moril dan psikis guru untuk lebih meningkatkan kinerja Strategi yang digunakan
oleh kepala sekolahTK Islam GayatriPenjaringanAsridalam meningkatkan kinerja
guru meliputi Pembinaankinerja guru, Pengawasan atau supervisi terhadap kinerja
guru, Pembinaan disiplin tenaga kependidikan, Pemberian motivasi, dan
Pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi.
Actions (login required)
|
View Item |