PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK ISLAM GAYATRI PENJARINGAN ASRI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

OCTAVIA, ANA (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK ISLAM GAYATRI PENJARINGAN ASRI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200009_abstract.pdf

Download (552kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26726.html

Abstract

Ana Octavia, NIM 4230016025 “Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di TK Islam Gayatri Penjaringan Asri Kec. Rungkut Surabaya”Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I, M.H.I Salah satu kekuatan efekif yang sangat menentukan keberhasilan sekolah atau lembaga pendidikan dalam mencapai tujuannya adalah peran kepala sekolah. Permasalahan pada penelitian ini yaitu belum terjalinnya komunikasi interpersonal antara guru dengan kepala sekolah, atau memang budaya kerja pimpinan belum dapat ditiru oleh warga sekolah dan guru yang lain. Keadaan inilah yang menarik untuk diteliti lebih mendalam. Melalui komunikasi interpersonal diharapkan dapat membangun budaya kerja yang baik.Komunikasi interpersonalpun sementara masih banyak hambatan untuk dilakukan. Kepala sekolah tentunya juga memiliki tanggungjawab kedinasan lain yang harus diurus, sehingga akan kesulitan untuk dapat melakukan komunikasi yang intensif dengan setiap guru untuk bertukar pikiran, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan untuk mengetahui Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah TK Islam Gayatri Penjaringan Kec. Rungkut Kota Surabaya dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian dengan mengambil data Guru di TK Islam Gayatri Penjaringan Asri Kecamatan Rungkut Surabaya teknikpengumpulan data berupa wawancara, analisis data menggunakan model Miles and Hubermandengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di TK Islam GayatriPenjaringanAsri meliputi Sebagai Educatoratau tenaga pendidik, Sebagai Manajer yang mengelola manajemen sekolah, Sebagai Administrator yang terorganisir operasionalsekolah, Sebagai Supervisor yang mengarahkan dan mengawasi kinerja guru, Sebagai Leaderyang memimpin para bunda/guru dan Sebagai Motivator yang memberikan dukungan moril dan psikis guru untuk lebih meningkatkan kinerja Strategi yang digunakan oleh kepala sekolahTK Islam GayatriPenjaringanAsridalam meningkatkan kinerja guru meliputi Pembinaankinerja guru, Pengawasan atau supervisi terhadap kinerja guru, Pembinaan disiplin tenaga kependidikan, Pemberian motivasi, dan Pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, kinerja, guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:14
Last Modified: 26 Jan 2022 03:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8311

Actions (login required)

View Item View Item