PENERAPAN METODE DONGENG MENGGUNAKAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B USIA 6 TAHUN DI TK MUSLIMAT WONOCOLO SURABAYA

MAGHFIROH, MAGHFIROH (2020) PENERAPAN METODE DONGENG MENGGUNAKAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B USIA 6 TAHUN DI TK MUSLIMAT WONOCOLO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210005_abstract.pdf

Download (375kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-28341.html

Abstract

Kemapuan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan kepada anak usia dini untuk melatih keberanian dalam berbicara, bertanya dan mengungkapkan gagasan atau ide. Namun anak masih kesulitan untuk berbicara, kesulitan untuk bertanya dan kesulitan mengungkapkan gagasan ayau ide. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode dongeng dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B usia 6 tahun di Tk Muslimat Wonocolo Surabaya, (2) Apakah hasil peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 6 tahun di Tk Muslimat Wonocolo Surabaya Tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bicara anak kelompok B menggunakan boneka jari. Penilitian ini menggunakan penilitian tindakan kelas. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebelum masa pandemi (Covid 19). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Pada penelitian tentang penerapan metode dongeng dengan boneka jari untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B usia 6 tahun di TK Muslimat Wonocolo Surabaya ditemukan beberapa hasil penelitian antara lain : pada siklus I anak yang dapat menjawab pertanyaan guru tentang dongeng yang sudah didengar 73%, dapat menyebutkan perbuatan yang baik dan buruk 75%, dan dapat menceritakan kembali dongeng yang sudah didengar 70%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II anak yang dapat menjawab pertanyaan guru tentang dongeng 91%, dapat menyebutkan perbuatan baik dan buruk 91%, dan anak yang dapat menceritakan kembali dongeng yang sudah didengar 89%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan berbicara anak dalam mengikuti pembelajaran melalui metode dongeng dengan boneka jari.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:06
Last Modified: 12 Apr 2023 02:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item