MAGHFIROH, MAGHFIROH
(2020)
PENERAPAN METODE DONGENG MENGGUNAKAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B USIA 6 TAHUN DI TK MUSLIMAT WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemapuan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang harus
dikembangkan kepada anak usia dini untuk melatih keberanian dalam berbicara,
bertanya dan mengungkapkan gagasan atau ide. Namun anak masih kesulitan untuk
berbicara, kesulitan untuk bertanya dan kesulitan mengungkapkan gagasan ayau ide.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode
dongeng dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak
kelompok B usia 6 tahun di Tk Muslimat Wonocolo Surabaya, (2) Apakah hasil
peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B usia 6 tahun di Tk Muslimat
Wonocolo Surabaya
Tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bicara anak
kelompok B menggunakan boneka jari. Penilitian ini menggunakan penilitian tindakan
kelas. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebelum masa pandemi (Covid
19).
Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.
Pada penelitian tentang penerapan metode dongeng dengan boneka jari untuk
meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B usia 6 tahun di TK
Muslimat Wonocolo Surabaya ditemukan beberapa hasil penelitian antara lain : pada
siklus I anak yang dapat menjawab pertanyaan guru tentang dongeng yang sudah
didengar 73%, dapat menyebutkan perbuatan yang baik dan buruk 75%, dan dapat
menceritakan kembali dongeng yang sudah didengar 70%. Setelah dilakukan perbaikan
pada siklus II anak yang dapat menjawab pertanyaan guru tentang dongeng 91%, dapat
menyebutkan perbuatan baik dan buruk 91%, dan anak yang dapat menceritakan
kembali dongeng yang sudah didengar 89%. Dari hasil analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan berbicara anak dalam
mengikuti pembelajaran melalui metode dongeng dengan boneka jari.
Actions (login required)
|
View Item |