Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar

KHOIRO, DINA MUTAALLIMATUL and Akhwani, Akhwani and Ibrahim, Muslimin and Djazilan, Muhammad Sukron (2021) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5). pp. 3352-3363. ISSN 2580-1147

[img] PDF
Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar.pdf

Download (543kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (950kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Metode pembelajaran memiliki karakteristik dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara metode pembelajaran Role playing dengan Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hidayah Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi masyarakat. Sampel dalam penelitian berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (prestest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data dianalisis dengan menggunakan analize descriptive statistics dan t-test dengan bantuan SPSS 16 for window. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Role playing sebesar 89,29, sementara rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode Demonstrasi sebesar 82,86. Metode pembelajaran role playing lebih unggul dari metode demonstrasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa antara metoderole playing dengan demonstrasi sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode role playing dengan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS siswa di MI Al-Hidayah Sidoarjo dengan nilai signifikansi 0,033

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode role playing, metode demonstrasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:49
Last Modified: 07 Feb 2024 04:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item